Akibat Kerap Konsumsi Kecap Manis

Kecap manis masih menjadi salah satu bumbu masakan yang paling kerap digunakan di dapur. Beberapa jenis masakan yang kerap memakainya adalah nasi goreng, semur, bacem, dan berbagai masakan lainnya. Meskipun rasanya enak, ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan karena bisa menimbulkan dampak kesehatan. Inilah Akibat Kerap Konsumsi Kecap Manis

https://obatbatukyangamansaathamil9bulan.blogspot.com/2017/12/akibat-kerap-konsumsi-kecap-manis.html

Akibat Kerap Konsumsi Kecap Manis | Kecap adalah bumbu makanan yang banyak menjadi favorit masyarakat. Bahan fermentasi dari campuran kacang kedelai, garam, air garam dan jamur Aspergillus ini ternyata memiliki efek samping bagi kesehatan.

Fermentasi kedelai mengandung sejumlah besar bahan kimia yang disebut isoflavon. Ini adalah fitoestrogen dan salah satu bahan kimia utama yang mengganggu sekresi estrogen dan aktivitas hormonal lainnya pada manusia.

Bila Anda penyukai kecap, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan untuk menghindari dampak bagi kesehatan Anda, berikut diantaranya :
  • Memicu gangguan hormon tiroid
Kecap manis dibuat dari proses fermentasi dari kedelai hitam, gula merah, dan bahan lainnya. Proses ini ternyata membuat kecap memiliki kandungan kimia goitrogens, semacam isoflavone dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa memicu masalah hipotiroidisme jika dikonsumsi dengan berlebihan.
  • Menyebabkan kanker payudara
Tingginya kandungan isoflavone pada kecap manis bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker pada payudara. Bahkan, ada laporan yang menyebutkan bahwa konsumsi kecap manis dengan berlebihan bisa menyebabkan gangguan siklus haid bagi kaum hawa.

Baca Juga : Walatra Berry Jus

  • Buruk bagi kesuburan pria
Dengan mengkonsumsi kecap manis secara berlebihan, maka kadar estrogen di dalam tubuh pria akan bertambah dan akhirnya menghambat kinerja tiroid. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi semakin lambat, meningkatkan berat badan, dan menurunkan produksi hormon seks yang mempengaruhi produksi sperma yang berkualitas. Kesuburan pria tentu akan terganggu gara-gara hal ini.
  • Memicu hypernatremia
Terlalu sering mengkonsumsi kecap manis bisa menyebabkan kondisi hypernatremia, kondisi dimana darah memiliki kandungan garam dengan berlebihan sehingga membuatnya menjadi lebih kental. Hal ini bisa memicu kerusakan otak, kejang-kejang, atau bahkan kematian.
  • Penyerapan mineral terhambar
Kecap yang dijual di pasaran mengandung fitat dalam jumlah tinggi yang dapat mengganggu proses pencernaan, dengan menghalangi penyerapan mineral dalam tubuh manusia.
  • Masalah ginjal
Ginjal bisa terpengaruh oleh oksalat dan phytoestrogen yang hadir dalam produk kedelai. Oksalat menyebabkan batu ginjal, sementara kandungan fitoestrogen dapat menyebabkan gagal ginjal.

Baca Juga : Makanan Yang Ampuh Tekan Nafsu Makan Yang Menggila

- Akibat Kerap Konsumsi Kecap Manis -

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit